Selasa, 06 Juni 2023

PROFIL NEGARA



 
 

BELANDA


A.   Letak dan Kondisi Geografis

Belanda atau Nederland (bahasa Belanda) merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Eropa, tepatnya di region Eropa Barat. Belanda juga kerap disebut sebagai Holland, meskipun sebenarnya istilah tersebut hanya mencakup wilayah Provinsi Holland Utara dan Holland Selatan. Secara astronomis, wilayah Belanda terletak di antara garis lintang 50° dan 54° LU, dan garis bujur 3° dan 8° BT Belanda memiliki total wilayah seluas 41.850 km2, termasuk badan air; dan lahan seluas 33.481 km2. Sementara Belanda Karibia memiliki luas total 328 km2Adapun wilayah Belanda di Eropa berbatasan dengan beberapa wilayah berikut.

  • Bagian utara dan barat berbatasan dengan Laut Utara.
  • Bagian selatan berbatasan dengan Belgia.
  • Bagian timur berbatasan dengan Jerman
  • Perbatasan maritim dengan wilayah Belgia, Jerman, dan Britania Raya.
Gambar 1. Peta Negara Belanda

Secara geografis, Belanda merupakan negara berpermukaan rendah yang sekitar 30% wilayahnya dan 31% populasinya berada di bawah permukaan laut, serta 50% tanahnya berada pada ketinggian kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang menjadi inspirasi pemberian nama “Nederland” yang artinya "negeri-negeri berdaratan rendah". Adapun permukaan tertinggi di Belanda adalah Vaalserberg di Provinsi Limburg dengan topografi berupa area perbukitan yang memiliki ketinggian 321 mdpl. Sementara permukaan terendahnya adalah Nieuwerkerk aan den IJssel yang terletak di bawah permukaan laut 6,76 meter.

Belanda juga dialiri oleh beberapa sungai utama, seperti Sungai Rhine, Sungai Maas, dan Sungai Schelde membelah sebagian wilayah Belanda dan bermuara menuju laut. Selain itu, di beberapa lokasi dengan posisi tanah yang rendah dibentengi oleh dinding laut. Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, juga mengalami reklamasi. Kawasan yang direklamasi itu disebut polder. Kemudian wilayah polder yang luas kini dilestarikan dengan mengelaborasi sistem drainase yang melibatkan beberapa tanggul, terusan, dan stasiun pompa. Salah satu konstruksi yang terkenal ialah Afsluitdijk (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km, dan lebarnya 90 m.

Selanjutnya, iklim negara Belanda adalah iklim maritim yang dipengaruhi oleh aktivitas perairan di Laut Utara dan Samudera Atlantik. Lalu, iklim di beberapa wilayah di Belanda juga dipengaruhi pergerakan angin yang bertiup dari pesisir menuju pedalaman. Sebagai wilayah dengan relief yang datar, arah pergerakan angin di Belanda juga cenderung rata. Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana. Hal ini menyebabkan hawa menjadi sejuk pada saat musim panas, sedangkan saat musim dingin suhunya sedang. Ketika musim gugur, sistem bertekanan rendah dari Atlantik yang kuat akan memicu terjadinya angin kencang hingga menimbulkan cuaca buruk. Terkadang angin timur membawa perubahan cuaca yang lebih kontinental, terasa hangat dan kering saat musim panas, serta dingin cerah saat musim dingin. Suhu harian saat siang di musim dingin berkisar antara 2oC – 6oC, sedangkan saat musim panas sekitar 17°C – 20oC. Selain itu, curah hujan rata-rata yang terjadi per tahun berkisar di angka 760 mm. 

Sama seperti negara lainnya yang beriklim sedang, Belanda juga mengalami empat musim yaitu musim dingin, musim semi, musim gugur, dan musim panas. Musim dingin dengan suhu di bawah 0°C terjadi saat Bulan Desember – Februari. Sementara itu, musim semi biasanya datang di bulan Maret – Mei. Pada saat musim semi, terjadi fenomena mekarnya bunga tulip, yang menjadi salah satu cirri khas negara Belanda. Adapun musim panas dengan suhu >20°C berlangsung di bulan Juni – September. Kemudian, musim gugur terjadi pada bulan November dengan cuaca hujan angin.


Sistem Politik dan Pemerintahan

Gambar 2. Lambang Negara Belanda

Belanda merupakan bagian dari Kerajaan Belanda, yakni negara monarki konstitusional yang mencakup wilayah Belanda Eropa dan Belanda Karibia. Belanda menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Ibukota Belanda terletak di Amsterdam yang juga merupakan kota terbesarnya, sementara pusat pemerintah dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag. Belanda terdiri atas dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau teritori di Karibia

Kemudian kaitannya dengan pemimpin negara, Raja Belanda bertindak sebagai kepala negara. Menurut konstitusi Belanda, kepala negara memiliki kekuasaan yang terbatas. Kepala negara dapat menggunakan pengaruhnya ketika hendak membentuk cabinet baru, yakni sebagai penengah yang netral di antara partai-partai politik. Selain itu, raja juga berhak ikut serta dalam kegiatan rapat dan konsultasi kenegaraan.

Sementara itu, Posisi Kepala Pemerintahan diisi oleh Perdana Menteri yang sering menjadi pemimpin partai koalisi terbesar. Kepemimpinan Perdana Menteri bersifat primus inter pares, yakni tanpa kekuasaan eksplisit di luar kekuasaan menteri lainnya. 


Kondisi Demografi

Gambar 3. Penduduk Belanda

Populasi penduduk di Belanda saat ini (2022) sebesar 17,7 juta jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 501 per km2. Diperkirakan pada tahun 2035, populasinya mencapai 18,8 juta dan di tahun 2050 bertambah menjadi 19,5 juta. Hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan penduduk alaminya yang hanya sebesar 0,1%. Berdasarkan World Population Data Sheet 2022, diketahui bahwa jumlah kelahiran per 1000 penduduk adalah 10, sedangkan jumlah kematiannya 9. Kemudian, rata-rata kelahiran totalnya adalah sebesar 1,6, sedangkan angka kematian bayi sebesar 3,8. Namun, angka harapan hidup penduduk Belanda tergolong tinggi, yakni 80 tahun untuk pria dan 83 tahun untuk wanita.


Isu Ekonomi, Pembangunan, dan Kerja Sama Global

Belanda termasuk satu dari sedikit negara pertama yang memiliki parlemen terpilih, sekaligus sebagai pendiri Uni Eropa, G-10, NATO, OECD, dan WTO, serta menjadi peserta perserikatan ekonomi tri pihak Beneluks. Belanda merupakan tuan rumah bagi beberapa organisasi internasional, antara lain Organisasi Pelarangan Senjata Kimia dan lima peradilan dunia : Mahkamah Arbitrasi Permanen, Mahkamah Keadilan Internasional, Pengadilan Internasional Bekas Yugoslavia, Mahkama Pidana Internasional, dan Tribunal Khusus Libanon. Dari kelima organisasi peradilan dunia tersebut, empat diantaranya berkedudukan di Den Haag. Selain itu, Kota Den Haag juga menjadi markas bagi badan intelijen pidana Uni Eropa (Europol) dan badan kerja sama yudikatif Eropa (Eurojust). Hal ini menjadikan Kota Den Haag mendapat julukan sebagai "Ibu Kota Hukum Dunia".

Pada tahun 2020, Belanda menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara. Beberapa negara yang menjadi mitra utamanya adalah Jerman, Belgia, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Italia, Tiongkok, dan Rusia. Belanda termasuk dalam 10 negara pengekspor unggul di dunia dengan ekspor bahan makanan menjadi yang terbesar jumlahnya. Selain itu, Belanda juga memiliki beberapa industri besar, antara lain bahan kimia, metalurgi, mesin, barang listrik, perdagangan, jasa, dan pariwisata. Pesatnya perkembangan industry di Belanda ditandai dengan berdirinya beberapa perusahaan internasional, seperti Stellantis (otomotif); Randstad NV, Unilever, Heineken, KLM; ABN, Rabobank (jasa keuangan), DSM, AKZO (bahan kimia); Royal Dutch Shell (penyulingan minyak bumi); Philips, ASML (elektronik); Tom Tom (navigasi satelit).

Selain itu, Belanda juga memiliki sejarah yang berkaitan erat dengan Indonesia. Belanda merupakan salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia hingga bertahun-tahun lamanya. Hingga pada setelahnya Belanda baru mengakui kedaulatan Indonesia pada 27 Desember 1949. Namun pada akhirnya, Belanda telah mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto. Saat ini, Belanda juga bermitra dengan Indonesia di beberapa bidang, seperti ekonomi, pertahanan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya


Kondisi Sosial dan Budaya 

Agama

Pada tahun 2022, tercatat sekitar 46,86% atau sekitar 7.803.758 warga Belanda tidak beragama. Sedangkan menurut Statista Research Department, dalam kurun waktu 10 tahun yaitu 2010 – 2020, jumlah warga yang tidak beragama meningkat dari angka 45 % menuju 55%.

Saat ini, agama Kristen menjadi agama dengan penganut terbanyak di Belanda, yakni sebanyak 7.752.133 orang atau sekitar 46,55% populasi dengan didominasi oleh Katolik Roma dan diikuti oleh Kristen Protestan. Kemudian, terdapat sekitar 915.934 orang atau sekita 5,5% menganut agama Islam. Selain itu, terdapat pula beberapa agama lainnya yang dianut di Belanda, tetapi jumlahnya kecil. Terdapat agama Hindu dengan penganut sebanyak 58.287 orang (0,35%), Buddha sebanyak 36.637 orang (1,4%), Yahudi sebanyak 29.976 orang (0,18%, dan Bahai sebanyak 6.661 orang (0,04%).

Sistem Pendidikan 

Gambar 4. Sistem Pendidikan di Belanda

Di Belanda, pendidikan dasar diwajibkan sejak usia 5 tahun. Namun, sebagian besar anak sudah mulai masuk sekolah dasar pada usia 4 tahun, sehingga pada usia tersebut 99,3% anak sudah masuk sekolah dasar [Eurydice, 2005a]. Sekolah-sekolah ini terintegrasi dalam sekolah dasar untuk anak-anak berusia 4 hingga 12 tahun yang mencakup pendidikan primer khusus pendidikan dasar normal. Undang-undang yang disusun dalam penggabungan aspek pendidikan luar biasa dan pendidikan dasar reguler bertujuan untuk membekali sekolah dasar dalam menangani siswa dengan gangguan perilaku dan belajar. Salah satu keunggulan sistem pendidikan di Belanda adalah penjurusan yang sudah dimulai sejak pendidikan di tingkat dasar dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis dari siswa yang bersangkutan dengan kategori, sebagai berikut. 
  1. Pendidikan tingkat dasar dan lanjutan (primary en secondary education).
  2. Pendidikan tingkat menengah kejuruan (senior secondary vocational education and training).
  3. Pendidikan tingkat tinggi (higher education).
Pendidikan tingkat dasar di Belanda mulai diwajibkan sejak anak berumur 5 tahun dan berlangsung selama kurang lebih 8 tahun (7 tahun di antaranya merupakan wajib belajar). Di tahun terakhir para siswa sudah dianjurkan untuk memilih pendidikan lanjutan yang akan mereka jalani. Pendidikan lanjutan yang dimulai sejak siswa berumur 12 tahun dan diwajibkan sampai umur 16 tahun ini diberikan dalam beberapa tingkatan : 
  1. VMBO program (4 tahun)  yang merupakan gabungan dari pendidikan umum dan kejuruan, dimana lulusannya bisa melanjutkan ke pendidikan tingkat menengah kejuruan (senior secondary vocational education and training).
  2. HAVO (5 tahun) dan VWO (6 tahun) yang merupakan pendidikan selektif dan memberikan akses langsung ke pendidikan tinggi (higher education). Lulusan dari VWO bisa mendapatkan akses langsung ke Universitas sedangkan lulusan HAVO bisa mendapatkan akses langsung ke HBO (hogeschool/universities of profesional education). 
  3. Pendidikan tingkat menengah kejuruan (senior secondary vocational education and training) yang dikenal dengan tingkatan MBO (4 tahun) yang terbagi menjadi beberapa jurusan, yaitu ekonomi, teknik, kesehatan, perawatan diri, kesejahteraan, dan pertanian. Program MBO diberikan dalam 4 tingkatan (1-4 tahun) dan hanya lulusan dari tingkat 4 MBO saja yang melanjutkan ke HBO. 
  4. Pendidikan tingkat tinggi (higher education) yang terdiri atas 2 bagian, yaitu HBO (hogeschool/universities of profesional education) dan WO (research universities). Hogeschool memberikan pendidikan yang bersifat terapan untuk siswa yang ingin langsung terjun ke lapangan/praktik, sedangkan Universitas memberikan pendidikan yang bersifat spesifik/penjurusan berdasarkan ilmu – ilmu murni.

Bahasa

Negara Belanda memiliki beberapa varian bahasa yang yang digunakan oleh penduduknya dalam berkomunikasi. Bahasa Belanda merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk secara keseluruhan. Kemudian terdapat bahasa Frisia yang merupakan bahasa resmi di Provinsi Fryslân yang diakui oleh hukum. Warga di Provinsi Frisia diperbolehkan menggunakan bahasa mereka sendiri, termasuk dalam penetapan hukum dan undang-undang dengan menggunakan bahasa tersebut. Belanda juga meresmikan bahasa isyarat yang disebut sebagai Nederlandse Gebarentaal (NGT) yang pada mulanya hanya digunakan oleh penyandang tunarungu, tetapi saat ini juga digunakan oleh penduduk secara umum. Selain itu, terdapat bahasa lain yang digunakan oleh penduduk, seperti bahasa Inggris dan Papiamento (umumnya terdapat di Pulau Bonaire, St. Eustatius, dan Saba), Limburgish, Low Saxon,  Yiddish,  dan Sinti-Roman.

Kesenian
Gambar 5. Tarian Tradisional Belanda

Kesenian tradisional Belanda adalah berupa tarian rakyat, yang berasal dari desa-desa kuno untuk membuat orang senang dalam perayaan mereka sepanjang tahun dan ada banyak ragamnya. Sebagian besar kesenian tradisional di Belanda, khususnya musik dan tarian dipengaruhi oleh budaya Skotlandia dan Jerman. Beberapa tarian yang dipengaruhi oleh budaya Skotlandia, antara lain Skotse trije, Skotse fjouwer, Horlepiep. Sementara Di Timur Belanda, terdapat tarian seperti Driekusman, Hoksebarger, Veleta, Kruispolka dan Wals Spaanse yang dipengaruhi oleh budaya dari Jerman. Keberadaan Federasi Kelompok Rakyat di Belanda menjadi pelestari  pakaian, musik, dan tarian khas mereka.

Pengembangan koreografi baru yang lebih dinamis untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Hingga saat ini tarian masih diciptakan yang mempertahankan kesan populer, tetapi masih baru dan beberapa di antaranya tidak lagi menerapkan musik tradisional. Salah satu bentuk pengembangan tarian ini adalah terciptanya Hakken, yang berasal dari kata kerja “hakken” yang artinya memotong, atau meretas yang merupakan tarian berjenis rave (dansa modern).

Gambar 6. Tarian Hakken

Kuliner

Gambar 7. Pannenkoeken

Gambar 8. Hollandse Nieuwe

Beragam jenis masakan di Belanda didukung oleh kegiatan perikanan dan perkebunan. Hal ini dipengaruhi juga oleh pemanfaatan lahan untuk kegiatan pertanian dan peternakan yang sudah menjadi tradisi. Secara tradisi, kuliner di Belanda cukup sederhana dengan komposisi makanan yang lebih banyak menggunakan sayuran dan sedikit daging. Kuliner Belanda yang paling baik digambarkan sebagai sajian khas pedesaan.

Secara umum, wilayah-wilayah di Belanda memiliki sajian khas dengan karakteristiknya masing-masing. Daerah sebelah utara dan timur yang mencakup Provinsi Groningen, Friesland, Drenthe, Overijssel, dan Gerderland membuat sajian khas timur laut Belanda, yakni produk olahan daging berupa sosis dengan berbagai jenis yang menjadi unggulannya. Kemudian di daerah bagian selatan, yakni Provinsi Brabant Utara dan Limburg terkenal akan hidangan pastry dan sup. Lalu di bagian barat, seperti di Provinsi Holland Utara, Holland Selatan, Utrecht, Zeeland, dan Zaanstrek merupakan daerah penghasil susu, keju, mentega, mayonaise, mustard, dan bir. Selain itu, terdapat beberapa kuliner khas Belanda yang cukup popular, antara lain.
  1. Bitterballen : Bitterballen adalah bola daging yang umumnya berbahan dasar daging sapi yang digoreng dan disajikan dengan mustard manis.

  2. Pannenkoeken : Pannenkoeken terbuat dari tepung soba, telur, susu, dan sedikit garam. Hidangan ini biasanya disajikan bersama bacon, salmon, keju, apel, cokelat, gula bubuk, dan stroop yang merupakan sirup khas Belanda. 

  3. Stroopwafel : Stroopwafel merupakan kue khas belanda yang bentuknya tipis dan ditambah dengan sirup manis sebagai pelengkap.

  4. Kroket : Kroket merupakan roti yang digoreng dengan dilengkapi dengan daging sapi, ayam, udang, atau sayuran di dalamnya dan di luarnya dilapisi remah roti.

  5. Hollandse Nieuwe : Hollandse nieuwe merupakan hidangan ikan haring mentah yang disajikan bersama dengan bawang cincang.  Cara menyantap hidangan ini cukup unik, yakni dengan mengangkat ekornya dan memakannya dari bawah ke atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL NEGARA

    BELANDA A .     Letak dan Kondisi Geografis Belanda atau Nederland (bahasa Belanda) merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Er...